Pemberian Coaching Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Waktu Pada Guru dan Karyawan SMA Muhammadiyah 1 Gresik
Abstract
Peran guru sebagai individu yang digugu (dihormati) dan ditiru sangat penting dalam dunia pendidikan sebagai teladan siswa. Kedisiplinan menjadi aspek vital dalam keteladanan. Namun banyak guru dan karyawan di SMA Muhammadiyah 1 yang melalaikan kedisiplinan waktu dengan keterlambatan hadir di sekolah. Penelitian kuantitatif dengan rancangan sequential explanatory designs ini menggunakan action research dan analisis pretest dan posttest. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian intervensi coaching pada 4 guru dan 2 karyawan bisa meningkatkan perilaku disiplin waktu guru dan karyawan SMA Muhammadiyah 1 Gresik untuk hadir tepat waktu di sekolah. Data primer didapatkan melalui group coaching dan melalui kuesioner kedisiplinan diri, sementara data sekunder menggunakan data kedisiplinan guru dan karyawan. Hasil analisis pretest dan posttest menggunakan uji wilcoxon signed ranks test menunjukkan ada perbedaan skor kedisiplinan yang tidak signifikan pada coachee sebelum dan setelah diberikan intervensi berupa coaching, sementara perilaku kedisiplinan waktu para coachee juga menunjukkan adanya perbedaan sebelum dan setelah diberikan intervensi berupa coaching. Lebih lanjut ditemukan pula adanya perbedaan kedisiplinan waktu pada seluruh guru dan karyawan SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Hasil ini mengindikasikan bahwa dengan adanya intervensi coaching terhadap 6 coachee memberikan dampak yang positif, baik pada keenam coachee maupun pada lingkungan kerja mereka.
Downloads
Copyright (c) 2024 Mirnani Denta Athiyah Uchtiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.