PENGARUH KUALITAS PELAYANAN UNIT MICRO TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL SYARIAH CILEDUG

  • Elly Herawati
  • Fachriana Ulfatun Ridwan

Abstract

Salah satu permasalahan suatu Bank BTPN Syariah di wilayah Cirebon adalah
tingkat kualitas pelayanan unit micro yang ada dan tingkat kepuasan nasabah. Hal
ini menjadi penggerak untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk
mengetahui tingkat pencapaian kualitas pelayanan Unit Micro, tingkat kepuasan
nasabah dan pengaruh kualitas pelayanan Unit Micro terhadap tingkat kepuasan
nasabah. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kuantitatif
dengan metode korelasional. Data diambil menggunakan angket yang disebarkan
kepada 32 responden sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa 78,38% responden memberikan kesan baik terhadap kualitas pelayanan
Unit Micro BTPN Syariah, 87,50% responden memberikan kesan sangat puas
terhadap BTPN Syariah, dan terdapat pengaruh kualitas pelayanan unit micro
terhadap kepuasan nasabah BTPN Syariah dengan nilai korelasi 0,811 dan
dikategorikan sangat kuat. Besarnya pengaruh kualitas pelayanan unit micro yang
dapat mempengaruhi adalah 65,77%. Persamaan regresi yang dapat dibentuk
adalah Kepuasan Nasabah = 0,856 Kualitas Pelayanan Unit Micro. Kepuasan
nasabah akan meningkat jika BTPN Syariah memiliki kualitas pelayanan unit
micro yang meningkat pula.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan Unit Micro, Kepuasan Nasabah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-22