Meningkatkan Pengetahuan Teori Persamaan Diferensial dan Transformasi Laplace Melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD
Abstract
Setidaknya ada tiga komponen yang berhubungan dengan pembaharuan pendidikan, yaitu pembaharuan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran, dan efektifitas metode pembelajaran. Kondisi lapangan yang menunjukkan bahwa mahasiswa hanya bisa menghafal fakta-fakta dan rumus tetapi tidak bisa menerapkannya pada masalah-masalah diluar matematika mendorong peneliti melakukan penelitian ini. Untuk itu metode pembelajaran sebagai salah satu komponen tersebut perlu ditingkatkan terus. Penelitian ini bertujuan untuk mencari sebuah solusi yang “mungkin†bisa menjawab kondisi tersebut serta lebih sesuai dengan ciri dan tujuan pendidikan di Politeknik, khususnya Politeknik Negeri Malang. Melalui metode ini diharapkan siswa bisa lebih proaktif dalam membangun pengetahuannya sendiri sehingga siswa mampu mengkaitkan konsep-konsep matematika menjadi satu kesatuan yang utuh., dan setelah keluar dari Politeknik siswa mampu mengaktualisasikan konsep-konsep tersebut dalam berbagai persoalan yang ada, khususnya persoalan yang berkaitan dengan masalah kelistrikan. Penelitian ini lebih dominan pada aspek kualitatif namun untuk membahasnya perlu data kuantitatif sebagai pendukung, sehingga metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini setelah melalui tiga kali tindakan kelas, target yang diinginkan sudah bisa dicapai, yaitu tercapainya proses belajar mengajar yang melampaui skor minimal 80% dan nilai rata-rata kelas di atas skor minimal 65. Akhirnya peneliti berkesimpulan bahwa metode pembelajaran kooperatif model STAD ini bisa diterapkan di Politeknik, khususnya Politeknik Negeri Malang terkhusus lagi di program studi Teknik Listrik.
Downloads
Copyright (c) 2021 Mudjiono Mudjiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.