Pengembangan Penilaian Sikap Berbasis Android untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

  • Suwarno Suwarno IAIN Takengon, Aceh, Indonesia
Keywords: pengembangan, penilaian sikap, android, pendidikan agama islam

Abstract

Penilaian merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh guru, penilaian dalam kurikulum 2013 memiliki kerumitan yang lebih dibandingkan dengan sistem penilaian sebelumnya. Dalam kurikulum 2013 domain penilaian meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Domain sikap merupakan domain yang banyak dikeluhkan oleh guru, termasuk guru pendidikan agama islam. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti ingin mengembangkan penilaian sikap berbasis android untuk memudahkan para guru dalam melakukan penilaian sikap. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui prosedur pengembangan penilaian sikap berbasis android, ingin mengetahui validitas dan kepraktisan penilaian sikap berbasis android yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE, yang terdiri dari lima langkah pengembangan, yakni; Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan angket. Analisa data menggunakan analisis diskriptif kualitatif untuk menganalisis data dari dari hasil wawancara dan observasi yang diperoleh pada saat studi pendahuluan, dan analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang berasal dari angket validitas dan kepraktisan penilaian sikap hasil pengembangan. Hasil penelitian dari segi langkah penelitian pengembangan, penelitian ini sudah sesuai dengan prosedur penelitian pengemabangan model ADDIE, validitas penilaian sikap berbasis android yang dikembangkan sudah valid berdasarkan penilaian ahli IT dan ahli evaluasi yang memperoleh rata-rata skor 4,2, kepraktisan dalam penggunaan berdasarkan angket respon guru diperoleh skor rata-rata 4,02 dengan kriteria praktis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-27