Pengaruh Loyalitas Karyawan (Organizational Citizenship Behavior) dan Penerapan Teori Dua Faktor (Two Factor Theories) Terhadap Kinerja Perusahaan

  • Eva Fauziana Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi, Indonesia
  • Sena Maulana Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia
  • Oni Junianto Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia
  • Sarfilianty Anggiani Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia
Keywords: loyalitas karyawan, teori dua faktor, manajemen kinerja

Abstract

Organizational Citizenship Behavior (OCB) atau loyalitas dan kelekatan karyawan terhadap organisasi, dewasa ini menjadi salah satu program divisi SDM di banyak perusahaan untuk terus dikembangkan dan diimplementasikan dalam kegiatan operasional perusahaan. Penelitian ini menganalisis sejauh mana loyalitas dan kelekatan karyawan terhadap organisasi berpengaruh terhadap kinerja organisasi atau perusahaan. Penelitian ini mengambil data random responden dari berbagai industri, posisi dalam organisasi, serta spesifikasi peran dan tanggung jawab tiap responden dalam organisasi. Loyalitas karyawan yang dimaksud adalah tentang seberapa kuat karyawan bangga dan percaya terhadap perusahaannya, serta seberapa paham mereka memahami visi misi serta rencana strategis yang diemban perusahaan. Ada pun Teori Dua Faktor yang terangkum dalam penelitian ini adalah mengenai prosedur dan tata kelola yang ditetapkan perusahaan, hubungan antara atasan-bawahan dan rekan kerja, lingkungan fisik tempat kerja, program kesejahteraan karyawan yang ditawarkan perusahaan, serta seberapa jauh pekerjaan yang karyawan emban mampu memotivasi mereka. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa Teori Dua Faktor jauh lebih berpengaruh dalam meningkatkan kinerja perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29