Motivasi Belajar Siswa dalam Perubahan Sistem Pembelajaran Daring ke Luring Pada Matapelajaran IPA di Masa Pandemi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan minat belajar siswa dalam perubahan pembelajaran daring ke luring pada mata pelajaran IPA di masa pandemic Covid-19 sisa kelas VII SMP Islam Cendikia. Metode peneltian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Perubahan sistem pembelajaran tentu mempengaruhi tingkat motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPA. Hasil peneltian menunjukkan bahwa siswa memiliki tingkat motivasi belajar yang lebih tinggi dalam sistem pembelajaran luring dibandingkan sistem pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA. Proses, praktik dan dampak perubahan system pembelajaran masih membutuhkan peningkatan dalam pelaksanaan pembelajaran, sehingga dapat lebih memotivasi dan meningkatkan minat belajar untuk mencapai tujuan pendidikan secara holistik kepada siswa.
Downloads
Copyright (c) 2021 Dwi Sari Ida Aflaha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.