Analisis Konflik Kognitif dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran di masa pandemi covid 19 yang harus dilakukan secara online. Pembelajaran matematika seperti ini tak jarang menimbulkan permasalahan dari sisi efektifitas dan efisiensinya. Beberapa permasalahan yang ditemukan dilapangan yaitu kesulitan dalam memahami materi dan semangat siswa untuk senantiasa mengikuti pembelajaran seperti halnya pembelajaran tatap muka langsung dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam ranah kognitifnya yaitu terkait konflik kognitif yang dialami siswa, serta dalam ranah afektif untuk mengetahui motivasi siswa selama pembelajaran online. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu deskriptif analitis dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes level konflik kognitif dan angket motivasi belajar. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa tingkat level konflik kognitif siswa dalam pembelajaran online termasuk kategori tinggi, sedangkan motivasi belajar siswa secara umum termasuk kategori sedang.
Downloads
Copyright (c) 2021 Yanry Budianingsih, Mariam Ar Rahmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.