Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia Terhadap Efektivitas Video Clinical Skill Lab dalam Meningkatkan Kemampuan Clinical Skill
Abstract
Clinical skill lab (CSL) adalah pelatihan keterampilan medis dan komunikasi yang menggunakan fasilitas seperti mannequin, simulasi pasien dan video. Video CSL diberikan sebelum memulai pelatihan CSL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa kedokteran terhadap efektifitas video CSL dalam meningkatkan daya ingat, pemahaman, semangat belajar, dan memperjelas instruksi manual penuntun CSL, serta menghitung presentasi kelulusan dari mahasiswa dengan persepsi yang berbeda (baik dan buruk). Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Metode yang digunakan adalah pengisian kuesioner oleh 329 Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia Angkatan 2023 yang sedang mengambil blok Imunologi dan Hematologi tentang Persepsi Efektifitas Video CSL. Pada tiap kelompok persepsi yang berbeda dilakukan perhitungan presentasi kelulusan ujian CSL. Hasil yang diperoleh menunjukkan 93,01% (306) dari responden persepsi baik, dengan tingkat kelulusan mencapai 99,7% (305) sedangkan sisanya sebanyak 7,99% (23) responden persepsi buruk terhadap video CSL dengan tingkat kelulusan hanya 82,6%. Jumlah responden yang menganggap video CSL dapat meningkatkan daya ingat sebanyak 90,5% (298), meningkatkan pemahaman sebanyak 93% (306), semangat belajar 94,2% (310), dan memperjelas instruksi dalam buku penuntun CSL sebanyak 73,5% (242). Persepsi yang baik terhadap video CSL menghasilkan tingkat kelulusan yang lebih tinggi dari persepsi yang buruk (93,01% : 82,6%). Video CSL dipersepsikan baik dalam meningkatkan semangat belajar, diikuti dengan pemahaman, daya ingat dan memperjelas instruksi manual CSL.
Downloads
Copyright (c) 2025 Andi Audya Ashilah Asrijaya, Shulhana Mochtar, Yani Sodiqah, Arni Isnaini Arfah, Windy Nurul Aisyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.