ANALISIS MULTIATRIBUT MODEL FISHBEIN TERHADAP BUAH JERUK (STUDI KASUS KOTA BANDAR LAMPUNG PROVINSI LAMPUNG)

  • Mutia Intan Savitri Herista

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap konsumen terhadap buah jeruk, meneliti atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian buah jeruk di kota Bandar Lampung Provinsi Lampung. Lokasi penelitian dilakukan secara purposive di ritel modern dan pasar tradisional dengan melibatkan 180 responden. Metode analisis data yang dipakai adalah analisis multiatribut model Fishbein. Hasil analisis menunjukkan kinerja dari setiap jeruk lokal dan jeruk impor. Kebersihan kulit dan kandungan biji untuk atribut buah jeruk lokal dirasa perlu diperbaiki supaya sama dengan komposisi jeruk impor. Adanya persamaan dengan atribut promosi yang dinilai kurang bagi jeruk lokal. Promosi di pasar-pasar modern lebih banyak terdapat buah jeruk impor. Dari semua penilaian kepentingan dan kinerja membentuk sikap konsumen jeruk kota Bandar Lampung positif untuk kedua jenis jeruk.

Kata kunci: Buah Jeruk, Analisis Multiatribut Model Fishbein, Sikap Konsumen, Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-01