Development of a Multimedia Dance Teaching Module to Enhance the Competence of Fifth Grade Elementary School Teachers in DKI Jakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pengajaran tari multimedia untuk meningkatkan kompetensi guru kelas lima di sekolah dasar di DKI Jakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Penilaian ahli melibatkan dosen dari Universitas Negeri Jakarta. Subjek penelitian adalah guru dan siswa dari sekolah-sekolah di DKI Jakarta. Teknik pengumpulan data meliputi kuesioner dan diskusi kelompok terfokus (FGD). Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode campuran, di mana data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik nonparametrik dan data kualitatif dideskripsikan untuk mendukung data kuantitatif. Kemampuan guru untuk mengajarkan materi tari sangat penting bagi siswa untuk tidak hanya memperoleh keterampilan menari tetapi juga untuk menghargai tarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pengajaran secara signifikan membantu guru dalam memahami materi tari. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam proses pembelajaran diperoleh melalui modul pengajaran tari multimedia. Disarankan agar modul tari multimedia dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar bagi guru.
Downloads
Copyright (c) 2024 Henny Indriani, Puryati Puryati, Suroyo Suroyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.