Strategi Meningkatkan Kualitas Produk Menggunakan Quality Function Deployment dan Importance Performance Analysis (Studi Kasus Multipurpose Vehicles)
Abstract
PT Dharma Power Ace Multipurpose Vehicles menghasilkan produk motor roda tiga multi porpuse (MP) yang mulai beroperasi pada tahun 2019. Produk tersebut banyak diminati konsumen Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia karena dapat digunakan sebagai alat transportasi industry kecil. Meskipun banyak diminati, berdasar penelitian pendahuluan ditemukan beberapa atribut kualitas yang masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui atribut yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas produk MP, sehinggga dapat bersaing dengan produk pesaing tetapi secara teknis masih feasibel. Dalam kaitan ini perlu diperhatikan persepsi/harapan konsumen guna menentukan prioritas perbaikan. Pengamatan dilakukan pada perioda Oktober 2021-Desember 2021 dengan sampel 100 pengguna. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, brainstorming dan kuesioner. Hasil pengumpulan data kemudian dianalisis menggunakan Service Quality (SERVQUAL), Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD). Hasil SERVQUAL menunjukkan terdapat gap negatif (Gap = -0.37) yang menandakan bahwa kualitas produk MP di bawah ekspektasi pengguna. Temuan IPA menunjukkan sebanyak 3 atribut terletak pada kuadran I (maintain priority) dan 7 atribut terletak pada kuadran II (maintain achievement). Dengan memperhatikan atribut-atribut tersebut, juga aspek teknis serta produk pesaing, dihasilkan leverage factor yang menjadi strategi untuk meningkatkan kualitas produk MP yaitu: penambahan komponen baru, memperbaiki model produk, merencanakan ulang pengaturan komponen.
Downloads
Copyright (c) 2024 Linda Theresia, Gadih Ranti, Ni Made Sudri, Yasmin Mauliddina, Ary Ditio Baihaqi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.