SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SMP NEGERI 38 DALAM MEMBUAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

  • Yoyo Sunaryo

Abstract

Pendidikan tingkat dasar pada saat ini, harus mengembangkan dan menanamkan pembelajaran kecakapan hidup abad 21 pada siswa, diantaranya: (1) kemampuan memecahkan masalah, (2) kreatif (3) kemampuan berkomunikasi dan (4) kemampuan berkolaborasi dikenal dengan istilah 4C. Model PBL merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada diri siswa. Namun kenyataannya di lapangan hasil studi pendahuluan pada guru di sekolah binaan melalui observasi, angket dan studi dokumentasi RPP yang merujuk  pada kurikulum 2013 revisi, menunjukkan sebagian guru belum menggunakan model PBL dalam RPPnya, padahal Kompetensi Dasar (KD) yang dapat menggunakan model PBL relatif cukup banyak. Oleh karena itu, perlu adanya supervisi akademik khususnya pembinaan, dengan menggunakan model supervisi klinis yang dilakukan oleh pengawas sekolah, supaya guru melaksanakan pembelajaran model PBL yang bermutu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah mengunakan sistem spiral refleksi model Kemmis dan Mc Taggart yang dimodifikasi. Strategi/metode kerja/teknik pembinaan yang digunakan dari siklus I sampai siklus II menggunakan sistem in-on-in dengan menerapkan model supervisi klinis. Hasil pembinaan pada siklus I menunjukkan bahwa, aktivitas guru dalam membuat RPP berbasis PBL yang merujuk pada kurikulum 2013 revisi, khususnya Permendikbud No 22 tahun 2016 belum memuaskan. Oleh karena itu, kemampuan dan keahlian serta aktivitas guru pada siklus I, perlu ditingkatkan dan harus diperbaiki pada siklus II. Siklus II, mengakhiri proses pembinaan pada guru melalui supervisi klinis, dengan indikator aktivitas guru telah diatas 70.00% dan skor  guru minimal 70.00 sudah diatas 85%.

Kata Kunci: Supervisi Klinis, Kemampuan Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran,  Problem Based Learning

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-01