Analisis Peran Instagram @Newrivermoon sebagai Media Promosi Destinasi Wisata New Rivermoon dalam Memenuhi Kebutuhan Pengguna: Perspektif Teori Uses and Gratifications

  • Aprilia Kusuma Wardani Universitas Ahmad Dahlan
  • Indah Wenerda Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Instagram, media promosi, teori Uses and Gratification, New Rivermoon

Abstract

Di era digital, media sosial menjadi alat yang penting dalam mempromosikan destinasi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana akun Instagram @newrivermoon memenuhi motif kebutuhan promosi wisata dari sudut pandang pemilik akun serta motif kebutuhan pengikutnya. Pendekatan ini didasarkan pada asumsi bahwa pengguna media secara aktif memanfaatkan media untuk memenuhi kebutuhan tertentu, di mana motif penggunaan media menjadi faktor kunci dalam memahami interaksi antara pengguna dengan media yang dikonsumsi. Penelitian ini mengaplikasikan teori Uses and Gratifications, yang menekankan lima motif kebutuhan utama, yaitu motif kognitif, afektif, hubungan personal, interaksi sosial, dan hiburan. Pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif dengan sifat deskriptif. Objek penelitian adalah akun Instagram New Rivermoon, dengan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa akun @newrivermoon efektif dalam memenuhi lima motif kebutuhan utama pengguna, yaitu kognitif, afektif, hubungan personal, integrasi sosial, dan hiburan. Pemanfaatan fitur-fitur Instagram yang konsisten dan interaktif meningkatkan kepuasan audiens terhadap konten yang disajikan. Namun, meskipun keterlibatan digital tinggi, kunjungan wisatawan masih dipengaruhi oleh faktor eksternal. Selain itu, kepuasan yang dicapai terkait dengan hubungan timbal balik antara pemilik akun dan pengikut, di mana masing-masing pihak memiliki kepentingan yang saling melengkapi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-20