ANALISIS SOFT SKILL BAGI PELAKU USAHA MIKRO DALAM PERSAINGAN BISNIS MODERN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji bagaimana penerapan soft
skill bagi pelaku usaha mikro dalam persaingan bisnis modern. Pelaku usaha
mikro belum mengetahui secara mendalam berkaitan dengan aspek soft skill
terhadap pengembangan usaha walaupun secara tidak sadar kadang mereka
mengimplementasikanya. Padahal kita ketahui bersama bahwa persaingan yang
ketat dalam bisnis modern sekarang ini, menjadikan pelaku usaha mikro harus
mempersiapkan mental termasuk di dalamnya aspek soft skill agar usahanya dapat
tetap beroperasional. Pelaku usaha mikro sekarang ini masih terpaku dengan
anggapan modal adalah penentu utama dalam sebuah kegiatan usaha. Pendapat
ini dirasa kurang tepat, karena sesungguhnya selain modal terdapat penentu utama
yang lain dalam kegiatan usaha yaitu mental yang di dalamnya terdapat aspek soft
skill dalam berwirausaha. Soft skill memiliki beberapa indikator, adapun indikatorindikator soft skill adalah keterampilan komunikasi, keterampilan emosional,
bahasa, etika, moral, santun, dan keterampilan spiritual. Melalui penelitian ini
diharapkan pemahaman pelaku usaha mikro dapat berubah. Mulanya beranggapan
bahwa modal adalah segalanya dalam melaksanankan kegiatan usaha, pelaku
usaha mikro menjadi memahami, bahwa modal dan kemampuan mental yang
didalamnya terdapat kemampuan soft skill yang handal merupakan penentu utama
dalam sebuah kegiatan usaha. Kemudian lewat pemahaman tadi, diharapkan
pelaku usaha mikro dapat menerapkanya dalam menjalankan kegiatan usahanya.
Modal usaha akan sia-sia jika dijalankan oleh pelaku usaha mikro jika tidak
memiliki kemampuan mental yang didalamnya terdapat kemampuan soft skill yang
handal karena dalam prosesnya kegitan usaha akan besinggungan langsung
dengan konsumen dan soft skill ini merupakan jawaban atas kebutuhan konsumen
akan pelayanan yang baik dan prima.
Kata Kunci : Soft skill, pelaku usaha mikro, persaingan bisnis modern