IMPLEMENTASI KURIKULUM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 10 Kota Cirebon)

  • Komarudin Komarudin

Abstract

Proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang selama ini diterapkan oleh guru di
kelas masih mengandalkan penerapan model konvensional yang praktis, namun
penerapan model konvensional masih kurang efektif, membuat siswa jenuh dan
bosan dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Rumusan masalah: Apakah
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berpikir berpasangan dan berbagi
efektif dalam pembelajaran menulis pantun? Bagaimana proses pembelajaran
menulis pantun menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe berpikir
berpasangan dan berbagi pada siswa? Serta apakah ada perbedaan menulis
pantun siswa sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
berpikir berpasangan dan berbagi? Tujuan penelitian ini adalah untuk
menjelaskan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe berpikir
berpasangan dan berbagi dalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas
VII efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pantun,
mendeskripsikan proses pembelajaran menulis pantun dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe berpikir berpasangan dan berbagi pada siswa dan
untuk mengetahui apakah ada perbedaan menulis pantun sebelum dan setelah
penerepan model pembelajaran kooperatif tipe berpikir berpasangan dan berbagi.
Peneletian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi. Sampel diambil
dengan menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan soal tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dari
hasil uji-t diperoleh nilai thitung = 3,495 dengan derajat kebebasan (n1+n2-2 = 64-2
= 62, diperoleh ttabel= 2,00 dengan α = 0,05 dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) =
0,001 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel sehingga
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berpikir berpasangan dan berbagi
efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis pantun. Sedangkan proses
pembelajaran menggunakan model pembelajarn kooperatif tipe berpikir
berpasangan dan berbagi mampu meningkatkan keefektivan siswa dan membuat
proses pembelajaran menjadi lebih optimal dan menulis pantun siswa sebelum dan
setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe berpikir berpasangan dan
berbagi mengalami peningkatan yang lebih baik.
Kata Kunci : Implementasi Kurikulum, Model Pembelajaran Kooperatif, Menulis Pantun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-21