Pengaruh Seminar Online terhadap Peningkatan Pengetahuan Murid SMAN 1 Purwoasri Terkait COVID-19 pada Anak dan Remaja Selama Pandemi COVID-19
Abstract
Permasalahan di bidang kesehatan yang belakangan ini mendapat perhatian oleh pemerintah yaitu mengenai COVID-19. Pada tanggal 11 Maret 2020, WHO menetapkan COVID-19 sebagai pandemi sehingga mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara online. Dengan meningkatnya kasus COVID-19 di Indonesia, salah satu sektor yang sangat terdampak yaitu pendidikan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa SMA tentang COVID-19 pada anak dan remaja, serta meningkatkan kesiapan siswa-siswi dalam pembelajaran luring dan daring di era pandemi ini. Penelitian ini dilaksanakan secara daring melalui zoom dengan peserta webinar sebanyak 262 orang. Evaluasi diperoleh dari penilaian pre-test dan post- test melalui angket online yang berisi 20 pertanyaan mengenai materi COVID-19 pada anak dan remaja, evaluasi dilakukan dengan menilai peningkatan pengetahuan peserta melalui perbandingan nilai antara pre-test dan post- test, kemudian dilakukan uji statistik Wilcoxon Signed Ranks untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Hasil dari pre-test dan post-test didapatkan peningkatan nilai rata-rata sebanyak 3,7% setelah dilaksanakan webinar. Didapatkan nilai rata-rata pre test responden 87% dan rerata post test sebesar 90,7%. Terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa terhadap pencegahan penularan virus Covid-19 setelah menghadiri seminar online.
Downloads
Copyright (c) 2022 Muhammad Ircham Gustriawan, Muhammad Fadhil Kamaruddin, Pandya Daniswara Winantyo, Zakiyatul Faizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.