PENERAPAN TEKNIK STUDENT TEAM ARCHIVE DIVISION (STAD) DALAM MEMAHAMI MATERI BACAAN AL-QUR’AN SURAH AL HUJURAT AYAT 12 DAN AYAT 10 DI KELAS X DPIB 3 SMK NEGERI 1 JAMBLANG KABUPATEN CIREBON

  • Siti Fatimah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PAI
tentang “Bacaan Al-Qur’an Surah Al Hujurat ayat 12 dan ayat 10†agar menjadi
lebih baik (maksimal) baik secara individu maupun klasikal. Karena berdasarkan
dari hasil observasi awal pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X DPIB
3 SMK Negeri 1 Jamblang Kabupaten Cirebon memperlihatkan adanya beberapa
kendala dalam pelaksanaan KBM, yaitu: metode pembelajaran yang kurang
bervariasi, sehingga siswa merasa jenuh dan bosan untuk belajar khususnya mata
pelajaran PAI dan hasil belajar yang tidak optimal. Untuk mencapai tujuan
tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran PAI dengan
menerapkan Teknik STAD yang menekankan aspek-aspek pembagian dalam
kelompok besar, penyampaian melalui ceramah, demonstrasi, praktek, mengamati
di lapangan dan diskusi kelompok. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan
dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi hasil penelitian tindakan. Subyek
penelitiannya adalah siswa kelas X DPIB 3 SMK Negeri 1 Jamblang Kabupaten
Cirebon pada semester Ganjil Tahun pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 34
siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai, yaitu: aktivitas
belajar siswa mengalami peningkatan, seperti dalam hal menjawab pertanyaan
atau permasalahan meningkat, menyampaikan pendapat meningkat,
memperhatikan secara aktif meningkat, mengajukan pertanyaan atau
mengungkapkan permasalahan cukup meningkat, bekerja dan belajar secara aktif.
Hasil Kinerja Guru dalam Kegiatan Proses Pembelajaran PAI pada setiap
siklusnya mengalami peningkatan, yaitu: pada siklus I menunjukkan kinerja yang
berada kategori cukup, dan pada siklus II menunjukkan kinerja yang baik sekali .
Hasil Belajar siswa, baik secara individu maupun kelompok mengalami
peningkatan pada tiap siklusnya: hasil awal menunjukkan skor rata-rata: 58,24;
hasil pada siklus I naik menjadi skor rata-rata: 74,12; hasil pada siklus II naik
menjadi skor rata-rata: 83,67.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Hasil Belajar, dan Tidak Optimal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-21