KAJIAN KINERJA PDAM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN STUDI KASUS KECAMATAN BREBES

  • Abdul Latif Nurdin

Abstract

Air bersih sangat penting dalam kehidupan manusia, baik itu untuk keperluan
sehari-hari ataupun untuk keperluan lainnya. Dalam memenuhi kebutuhan akan
air bersih tersebut, masyarakat mendapatkan dengan beberapa cara, antara lain
dengan sistem perpipaan (PDAM), sisten non perpipaan (sumur) ataupun
penggunaan kedua sistem secara bersamaan (PDAM & Sumur). Pada umumnya
tingkat pelayanan air bersih oleh PDAM masih dalam tingkat pelayanan yang
rendah, sehingga banyak menimbulkan ketidak puasan pelanggan, kondisi ini
termasuk di Kota Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk mengukut kepuasan
pelanggan terhadap layanan PDAM Kabupaten Brebes dan Kinerja PDAM
Kabupaten Brebes berdasarkan Kepmendagri Nomor 47 Tahun 1999 dan
BPPSPAM Dirjen Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum Tahun 2005. Data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer, data
primer diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh pelanggan PDAM Kabupaten
Brebes di Kelurahan Brebes, Gamdasuli, Limbangan Kulon, Limbangan Wetan
dan Pasarbatang. Data sekunder diperoleh dari data yang ada di PDAM
Kabupaten Brebes. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 500 responden. Teknik
analisis yang digunakan untuk menguji Hipotesis kepuasan pelanggan adalah
analisis regresi berganda, sedangkan kinerja PDAM Kabupaten Brebes diukur
dengan membandingkan standar kinerja yang dicapai PDAM Kabupaten Brebes
dengan indikator kinerja Kepmendagri Nomor 47 Tahun 1999 dan BPPSPAM
Dirjen Cipta Karya Depatemen Pekerjaan Umum Tahun 2005. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan terhadap layanan PDAM Kabupaten
Brebes berada pada cukup memuaskan. Kinerja PDAM Kabupaten Brebes
berdasarkan Kepmendagri Nomor 47 tahun 1999 dalam kategori cukup, sedangkan
menurut indikator BPPSPAM Dirjen Cipta.
Kata kunci : Kinerja, Kepuasan Pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-21