PENGARUH STRUKTUR ORGANISASI, GAYA KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK MEGA, TBK
Abstract
Setiap organisasi atau perusahaan akan berusaha meningkatkan kinerja
karyawannya untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.
Keberhasilan suatu organisasi atau perusahaan dalam mencapai tujuannya tidak
lepas dari faktor sumber daya manusianya. Karena, sumber daya manusia memiliki
peranan yang sangat penting dalam berbagai sektor, sumber daya manusia
merupakan faktor kunci untuk menggerakkan sumber daya yang lain yang ada
dalam perusahaan. Berbagai cara bisa ditempuh perusahaan dalam meningkatkan
kinerja karyawannya diantaranya dengan pengaturan struktur orgnisasi yang baik,
gaya kepemimpinan yang sesuai dengan harapan karyawan maupun pembentukkan
budaya organisasi yang nyaman, sehingga sebuah organisasi atau perusahaan
dapat meningkatkan kinerja sumber daya manusia secara optimal.Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh sruktur organisasi, gaya kepemimpinan dan
budaya organisasi terhadap kinerja karyawan PT. Bank Mega, Tbk KCU Tendean.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan pada PT. Bank Mega, Tbk.
KCU Tendean yang berjumlah 100 orang, sehingga penelitian ini merupakan
penelitian sensus. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi
sederhana, regresi linier berganda.Dari pengujian yang dilakukan terdapat
pengaruh struktur organisasi, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi secara
bersama-sama terhadap kinerja karyawan secara statistik menunjukkan hasil yang
positif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 94.546
dengan F tabel adalah 2,70. Besarnya nilai F hitung > F tabel mengindikasikan
bahwa pengaruhnya berdampak positif dan signifikan. Dengan demikian telah
terbukti bahwa struktur organisasi, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi
secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
Kata Kunci : Struktur Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Kinerja Karyawan.