ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN SISWA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP CITRA SMK FARMASI BUMI SILIWANGI BANDUNG

  • Kamelia Agustini

Abstract

Pendidikan adalah suatu organisasi produksi yang menghasilkan jasa pendidikan.
Konsumen utamanya adalah siswa atau mahasiswa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana analisis dan pengaruh antara Bauran Pemasaran
Jasa, Kepuasan Siswa dan Citra pada SMK Farmasi Bumi Siliwangi Bandung.
Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab hal tersebut adalah deskriptif
dan verifikatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan
dan studi lapangan meliputi wawancara, observasi dan kuesioner. Kuesioner dalam
penelitian ini disebarkan kepada 66 (enam puluh enam) responden yang
merupakan siswa aktif dari SMK Farmasi Bumi Siliwangi Bandung, tahun
pelajaran 2015/2016. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis
menggunakan analisis path yang sebelumnya telah dilakukan uji kualitas data
serta analisis dan uji hipotesis terlebih dahulu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Bauran Pemasaran Jasa, Kepuasan Siswa dan Citra pada SMK Farmasi Bumi
Siliwangi Bandung adalah baik. Kemudian, Bauran Pemasaran berpengaruh
terhadap Kepuasan Siswa, Bauran Pemasaran berpengaruh terhadap Citra SMK
Farmasi Bumi Siliwangi Bandung dan Kepuasan Siswa berpengaruh terhadap
Citra SMK Farmasi Bumi Siliwangi Bandung serta Bauran Pemasaran
berpengaruh terhadap Citra melalui Kepuasan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
Farmasi Bumi Siliwangi Bandung.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran Jasa, Kepuasan Siswa dan Citra.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-21