Evaluasi Pencapaian Key Performance Indicator (KPI) untuk Merancang Training Need Analysis (TNA) Kompetensi Guru

  • Sri Wahyuni Nur Hidayah Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta Indonesia
  • Dian Hidayati Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta Indonesia
  • Herlin Herlin Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta Indonesia
  • Krisna Erwintha Putra Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta Indonesia
Keywords: Evaluasi, KPI, TNA, Kompetensi, Guru

Abstract

Evaluasi kinerja merupakan program yang harus diagendakan secara  rutin oleh unit organisasi.  Parameter yang digunakan akan lebih terukur dengan Key Performance Indicator.  Obyektifitas evaluasi penilaian dengan KPI dapat dijadikan parameter Training Need Analiysis dalam peningkatan kompetensi guru.  Kompetensi guru perlu di upgrade secara periodik sehingga target kinerja dapat diselesaikan dengan maksimal.  Kinerja guru yang maksimal akan menghasilkan iklim pendidikan yang bermutu, siswa yang berprestasi dan sekolah yang berualitas.  Penelitian ini menggunakan metode evaluatif diskriptif yang mendikripsikan hasil penelitian pencapaian Key performance indicator (KPI) sebagai dasar menyusun Training need analysis (TNA) untuk meningkatkan kompetensi guru.  Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tentang follow up penilaian kinerja guru di Yayasan Bumitama yang belum ada klaster tepat dalam penilaian maupun dalam pelatihan.  Penelitian  evaluatif ini dapat memberikan masukan agar  pelatihan yang akan dilaksanakan oleh Yayasan lebih spesifik dan merujuk kepada kebutuhan pendidik.  Selain itu pelatihan seharusnya disesuaikan dengan satuan pendidikan sehingga kompetensi guru di satuan pendidikan dapat meningkat.  Dari hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahawa Guru di Yayasan memerlukan pelatihan sebagai berikut:  1).  Pelatihan Pengembangan Model Pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan untuk menginspirasi siswa dalam meningkatkan nilai hasil pembelajaran.  2).  Pelatihan pembuatan Media pembejaran untuk SMP.  3).  Pelatiahan  Administrasi pendidikan guru untuk jenjang sekolah SD, SMP dan SMK di Yayasan sehingga semua guru merasa ikut bertanggungjawab terhadap kelengkapan administrasi pendidikan yang harus disiapkan oleh semua guru.   4).  Pelatihan Teknologi Media Pembelajaran yang akan mengantarkan pendidikan era revolusi 4.0, yang menjadi tuntutan pendidikan saat ini.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-30