P, Persepsi Pengaruh Persepsi Nasabah dan Jenis Kelamin terhadap Produk Tabungan Mudharabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ciledug

  • Yeni Irawati
Keywords: Persepsi Nasabah, Jenis Kelamin, Mudharabah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang produk dana simpanan yang menggunakan akad mudharabah di Bank Syariah Mandiri KCP Ciledug. Yang didalamnya ada 6 macam produk tabungan diantaranya adalah tabungan mudharabah bank, tabungan BSM, tabungan mabrur, tabungan berencana, tabungan institusi, dan tabungan investa cendekia.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan menggunakan analisis berganda dengan variabel dummy. merupakan metode untuk mencari variabel bebas D pada jenis kelamin yang berarti kualitatif yang kemudian di kuantitatifkan karena variabel independen yang berskala ukuran non-metrik atau kategori. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dan observasi, Observasi dilakukan dengan melihat secara langsung kesetiap unit bagian, berkeliling bank dan mendokumentasikannya. Hasil dari wawancara dan observasi diidentifikasi kedalam bentuk data ordinal yang kemudian diubah menjadi data interval.

pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling. Bila sampel dibagi dalam kategori (misalnya : pria-wanita). Maka jumlah setiap kategori minimal 30. Sedangkan dalam penelitian ini hanya menggunakan ukuran sampel hingga 60 saja, karena jumlah nasabah pengguna produk tabungan menggunakan akad mudharabah mencapai 21.791 orang periode bulan Agustus-Desember tahun 2010-2015.

 Berdasarkan analisis data, pada uji normalitas data karena α = 0,05 <  sig. = 0,181. Kesimpulannya maka Ho tidak ditolak, artinya data berdistribusi normal. Dilanjutkan dengan uji Kemudian pada uji t-test dengan tingkat kepercayaan 0,05 diketahui t hitung  > t tabel artinya Ha diterima dan Ho ditolak yakni data signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-18