PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA KONSEP HIDROLISIS GARAM

  • Tuty Suprapti

Abstract

Penelitian ini berdasarkan atas permasalahan yang ada yaitu rendahnya
kreativitas proses sains dan sikap ilmiah pada siswa, karena pembelajaran masih
dominan dengan menggunakan metode ceramah, dan kurang optimalnya guru
dalam pembelajaran di laboratorium. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap
hasil belajar, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah siswa. Implementasi
pembelajaran menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis
laboratorium, dengan tahapan menyajikan pertanyaan atau masalah, pengumpulan
data dan verifikasi data, pengumpulan data melalui eksperimen, perumusan dan
pengolahan data, dan analisis proses inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
praktek model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif mampu menambah tingkat
keterampilan proses sains dan sikap ilmiah setiap siswa dengan kriteria sedang.
Out put belajar seluruh siswa yang menjadi subyek penelitian mengalami kenaikan
dengan rerata N-gain berkriteria sedang, output belajar siswa kelompok
eksperimen lebih baik dan berbeda secara signifikan dari siswa kelompok kontrol.
Setiap Siswa memberikan respon positif terhadap implementasi model
pembelajaran inkuiri terbimbing pada konsep hidrolisis garam.
Kata kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah Siswa, Hasil Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-21