PENGARUH KEPUASAN KERJA KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA BANK JATENG CABANG BREBES

  • Azizah Indriyani

Abstract

Dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan salah satu usaha yang
dilaksanakan ialah melaui cara memperhatikan kepuasan kerja karyawan. Oleh
karena itu beberapa faktor yang mendukung kepuasan kerja harus diperhatikan
agar memenuhi kinerja positif dalam ssebuah organisasi. Bank Jateng Cabang
Brebes telah berupaya membuat kepuasan kerja untuk karyawannya. Tetapi
faktanya terdapat beberapa kebutuhan-kebuthan karyawan yang belum mampu
terpenuhi oleh perusahaan. Tujunan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah
ada pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Menurut permasalahan
yang ada maka peneliti membuat hipotesis bahwasannya terdapat pengaruh
antara kepuasan kerja dengan kinerja karyawan di Bank Jateng Cabang Brebes
Bandar. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah responden
sebanyak 60 responden. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan
analisis kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan cara menganalisis
permasalahan berdasarkan pada teori manajemen sumber daya manusia
terlebih mengenai teori pengaruh kepuasan terhadap kinerja karyawan, yang
selanjutnya disingkonkan dengan data dari hasil kuesioner yang telah
disebarkan untuk karyawan Bank Jateng Cabang Brebes. Analisis kuantitatif
dilakukan dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan
hasil perhitungan diperoleh angka Sig.F hitung sebesar 0.000<0.05 dan nilai R
square sebesar 0,379. Besarnya koefisien korelasi yaitu 0,615 atau 61,5%.
Hasil persamaan regresi sederhana sebagai berikut Y= 18.665+0.498X
berarti kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan pada
Bank Jateng Cabang Brebes. Hasil penyebaran kuesioner pada karyawan untuk
faktor kepuasan kerja bahwa persentase tertinggi karyawan yang bisa disebut
kelompok yang merasa kurang puas karena Lingkungan kerja, kapabilitas
pemimpin ketika membuat sebuah kebijakan, serta peluang untuk mengembangkan
potensi sedangkan persentase tertinggi karyawan yang dapat diklasifikasikan
kinerja rendah yaitu: lemahnya menemukan inovasi ketika melakukan tugas,
berulangnya membuat kesalahan ketika menyelesaikan pekerjaan, serta pekerjaan
yang tidak sesuai dengn keahlian yang dimiliki pkaryawan.
Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan, Inovasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-22