Evaluasi Kritis Terhadap Penerapan New Publik Management dalam Perspektif Negara Demokrasi

  • Sigit Wahyudi Stisospol Waskita Dharma Malang, Indonesia
Keywords: new public management, customer, pendekatan proses–hasil, akuntabilitas

Abstract

Sistem administrasi publik yang ada diklaim sebagai prototipe administrasi pemerintah yang tidak efisien, corrupt,  kaku dan berbiaya tinggi, tidak akuntabel, dan ketinggalan zaman sehingga dirasakan kurang mampu dalam mengikuti perkembangan sosial dan ekonomi masyarakat yang sangat dinamis. Oleh karena itu dikenalkan sistem administrasi publik model baru yang dimanifestasikan dalam berbagai istilah seperti  new public management, market-based public administration, managerialism, reinventing government  dan Entrepreneurship Government. Model NPM menawarkan solusi terhadap pelayanan publik yang lebih efisien dan efektif melalui pemanfaatan sistem yang berbasis pasar bebas dan manajemen yang berorientasi kepada pelanggan/Customer. Elemen Utama Dalam Pelaksanaan New Public Manajemen. 1) Penerapan sistem  out-sourcing dan privatisasi; 2) Rasionalisasi, deregulasi, dan peningkatan kapasitas bagi staf lembaga pemerintah; 3) Lebih berorientasi pada hasil daripada proses, akuntabilitas pegawai/staf berdasarkan kontrak kinerja; 4) Manajemen dan fleksibilitas bergaya dunia usaha (bisnis); 5) Cost recovery; 6) Budaya manajemen publik yang berorientasi kepada pelanggan (customer) dan akuntabilitas publik berdasarkan kinerja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-05