PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) SUZUKI TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL ERTIGA PADA PT. SUZUKI INDOMOBIL SALES
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek (brand image) Suzuki terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil Ertiga pada PT. Suzuki Indomobil Sales. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Suzuki Indomobil Sales. Model penelitian yang digunakan yakni dengan metode observasi, wawancara, dan kuesioner yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode analisis regresi linier sederhana dan korelasi pearson untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek (brang image) Suzuki terhadap pengambilan keputusan pembelian mobil Suzuki Ertiga. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variable citra merek (brand image) mempunyai korelasi sebesar 0,56 yang menunjukkan bahwa semaikin tinggi nilai brand image maka semakin tinggi tingkat keputusan pembelian. Variable Keunggulan Asosiasi Merek mempunyai korelasi sebesar 0,412 yang menunjukkan bahwa semaikin tinggi nilai brand image maka semakin tinggi tingkat keputusan pembelian. Variable Kekuatan Asosiasi Merek mempunyai korelasi sebesar 0,616 yang menunjukkan bahwa semaikin tinggi nilai brand image maka semakin tinggi tingkat keputusan pembelian. Variable Keunikan Asosiasi Merek mempunyai korelasi sebesar 0,533 yang menunjukkan bahwa semaikin tinggi nilai brand image maka semakin tinggi tingkat keputusan pembelian.
Kata Kunci : Keunggulan Asosisasi Merek, Kekuatan Merek Asosiasi Merek, Keunikan Asosiasi Merek, dan Keputusan Pembelian