Pendidikan Gizi Seimbang dengan Media Video Animasi terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang pada Remaja
Abstract
Beban Ganda Malnutrisi merupakan permasalahan global yang mempengaruhi
negara kaya maupun miskin. Kelebihan berat badan dan kekurangan berat badan
merupakan penyakit multifaktoral yang dipengaruhi oleh faktor internal dan
eksternal. Faktor internal bisa berupa kelainan genetik dan kelainan endokrin,
sedangkan faktor eksternal bisa berupa pengetahuan, gaya hidup, dan lingkungan.
Kualitas gizi yang tidak seimbang akan berdampak pada pertumbuhan fisik yang
tidak optimal, mempengaruhi reproduksi, dan mempengaruhi kognitif. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi seimbang melalui media
video animasi terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada remaja.
Metode: Metode penelitian ini adalah Quasi eksperimental dengan rancangan
penelitian Non Equivalent Control Group Design. Jumlah sampel sebanyak 42
siswa dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Variabel bebas
adalah pendidikan gizi seimbang yang diberikan sebanyak 3 kali pertemuan (satu
minggu satu pertemuan) dengan metode penyuluhan menggunakan media
audiovisual yaitu video animasi. Variabel terikatnya adalah pengetahuan gizi
seimbang. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner dan video animasi. Analisis
data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan
remaja meningkat 100% denga p value = 0.000 (<0,05). Kesimpulan: Data tersebut
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh edukasi gizi seimbang melalui video
animasi terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada remaja
Downloads
Copyright (c) 2022 Berliana Nur Frisda, Widati Fatmaningrum, Woro Setia Ningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.