Pengaruh Kompetensi Pegawai, Disiplin Kerja, dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Bea Cukai Madiun

  • Huda Adi Pradana Universitas Terbuka (UT) Indonesia
  • Kismartini Kismartini Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang Jawa Tengah, Indonesia
  • Sofjan Aripin Universitas Terbuka (UT) Indonesia
Keywords: kualitas pelayanan publik, kompetensi pegawai, disiplin kerja, kinerja pegawai

Abstract

Paradigma New Public Service (NPS) dan reformasi menekankan peran pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat/publik. Tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Madiun (KPPBC TMP C Madiun) mengalami penurunan, padahal KPPBC TMP C Madiun sedang berusaha melakukan penataan pelayanan publik melalui pencanangan Wilayah Birokrasi Yang Bersih dan Melayani (WBBM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kompetensi pegawai, disiplin kerja, dan kinerja pegawai mempengaruhi kualitas pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil pengujian membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di KPPBC TMP C Madiun, terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja terhadap kualitas pelayanan publik di KPPBC TMP C Madiun, terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di KPPBC TMP C Madiun, terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pegawai, disiplin kerja dan kinerja pegawai secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan publik di KPPBC TMP C Madiun. Secara simultan/bersama-sama variabel bebas kompetensi pegawai (X1), disiplin kerja (X2) dan kinerja pegawai (X3) terhadap kualitas pelayanan (Y) memberikan sumbangan pengaruh terhadap variabel terikat dengan nilai sebesar 77,9% serta sisanya sebesar 22,1% disebabkan oleh aspek-aspek lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-20