Pengaruh Kompetensi Pegawai, Disiplin Kerja, dan Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Pada Bea Cukai Madiun
Abstract
Paradigma New Public Service (NPS) dan reformasi menekankan peran pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat/publik. Tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap pelayanan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Madiun (KPPBC TMP C Madiun) mengalami penurunan, padahal KPPBC TMP C Madiun sedang berusaha melakukan penataan pelayanan publik melalui pencanangan Wilayah Birokrasi Yang Bersih dan Melayani (WBBM). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kompetensi pegawai, disiplin kerja, dan kinerja pegawai mempengaruhi kualitas pelayanan publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil pengujian membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di KPPBC TMP C Madiun, terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja terhadap kualitas pelayanan publik di KPPBC TMP C Madiun, terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja pegawai terhadap kualitas pelayanan publik di KPPBC TMP C Madiun, terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pegawai, disiplin kerja dan kinerja pegawai secara bersama-sama terhadap kualitas pelayanan publik di KPPBC TMP C Madiun. Secara simultan/bersama-sama variabel bebas kompetensi pegawai (X1), disiplin kerja (X2) dan kinerja pegawai (X3) terhadap kualitas pelayanan (Y) memberikan sumbangan pengaruh terhadap variabel terikat dengan nilai sebesar 77,9% serta sisanya sebesar 22,1% disebabkan oleh aspek-aspek lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini
Downloads
Copyright (c) 2022 Huda Adi Pradana, Kismartini Kismartini, Sofjan Aripin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.