Gambaran Resiliensi Siswa yang sedang Menjalankan Pembelajaran Daring

  • Munika Yuni Ariska Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya, Indonesia
Keywords: Resiliensi; Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resiliensi siswa SMK X yang sedang menjalankan proses pembelajaran dengan menggunakan metode daring. Desain penelitian ini merupakan penelitian kualitaf. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa SMK X di surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek mengalami dinamika yang berbeda di masing-masing aspek resiliensi (pengendalian emosi, pengendalian dorongan, optimis, analisis penyebab masalah, empati, efikasi diri, dan peningkatan aspek positif). Ketiga subyek, merasa lelah, terpuruk, dan putus asa dalam menjalan kan proses pembelajaran daring ini. Namun mereka mampu menerima kondisi dan mampu bangkit kembali serta selalu berpikir positif dan mereka akan menjadi lebih baik jika berusaha untuk tetap bertahan. Mereka merasa yakin dapat memberikan yang terbaik untuk dirinya dan orangtua dengan tetap berusaha mencari tahu dan meningkatkan keterampilan mereka dalam partisipasi proses pembelajaran. Dari ketiga subjek, salah satunya mampu untuk menganalisis penyebab dari gangguan yang dimiliki sehingga ia tidak menyalakan dirinya dan orang lain atas gangguan yang dialaminya. Selain itu, salah satu faktor yang mendukung individu untuk menjadi resilien adalah faktor dukungan sosial. Hal ini ditunjukkan oleh ketiga subyek yang selalu membutuhkan pendampingan guru baik guru BK maupun wali kelas serta teman-temannya untuk tetap bisa bertahan dan menjalani dinamika proses pembelajaran secara online serta rasa syukur yang dapat membuat mereka bangkit dari keterpurukan.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-07