Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Nasabah Bank Sampah Bina Mandiri Kota Surabaya

  • Badar Joang Harista Rosyidi Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia
Keywords: bank sampah; sampah; kepuasan

Abstract

Bank Sampah Bina Mandiri hadir di tengah-tengah masyarakat Kota Surabaya untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya peran masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Surabaya. Untuk merealisasikan tujuannya Bank Sampah Bina Mandiri melakukan upaya pemasaran dengan menerapkan startegi bauran pemasaran. Dari tahun 2012 hingga 2013 jumlah nasabah mulai mengalami penurunan yang cukup signifikan dan terdapat keluhan-keluhan dari nasabah yang mengindikasikan adanya ketidakpuasan yang berasal dari strategi bauran pemasaran yang tidak optimal. Kegiatan pemasaran yang dilakukan Bank Sampah Bina Mandiri tidak lepas dari pentingnya menjaga kepuasan dari para nasabahnya agar tujuan utama penyelamatan lingkungan kota dari permasalahan sampah tetap dapat terealisasikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh masing-masing variabel bauran pemasaran terhadap tingkat kepuasan nasabah Bank Sampah Bina Mandiri. Penelitian empiris ini mengambil seluruh populasi yang berjumlah 60 orang, dengan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Sementara teknik  analisa  data  yang  digunakan  adalah  analisa regresi  linier  berganda.   Hasil-hasil secara umum menunjukkan  hubungan  yang kuat antara, produk, harga, distribusi dan promosi terhadap kepuasan nasabah. Secara  parsial (individu) variabel  independen  yaitu  distribusi mempunyai  pengaruh  yang  signifikan  terhadap  variabel  kepuasan nasabah. Sementara variabel produk, harga dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dan semua  variabel independen yaitu variabel produk, harga, distribusi, dan promosi secara simultan atau  bersama-sama  memiliki  pengaruh  yang  signifikan  terhadap  variabel kepuasan nasabah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-12