Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Nasabah Bank Sampah Bina Mandiri Kota Surabaya
Abstract
Bank Sampah Bina Mandiri hadir di tengah-tengah masyarakat Kota Surabaya untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya peran masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Surabaya. Untuk merealisasikan tujuannya Bank Sampah Bina Mandiri melakukan upaya pemasaran dengan menerapkan startegi bauran pemasaran. Dari tahun 2012 hingga 2013 jumlah nasabah mulai mengalami penurunan yang cukup signifikan dan terdapat keluhan-keluhan dari nasabah yang mengindikasikan adanya ketidakpuasan yang berasal dari strategi bauran pemasaran yang tidak optimal. Kegiatan pemasaran yang dilakukan Bank Sampah Bina Mandiri tidak lepas dari pentingnya menjaga kepuasan dari para nasabahnya agar tujuan utama penyelamatan lingkungan kota dari permasalahan sampah tetap dapat terealisasikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh masing-masing variabel bauran pemasaran terhadap tingkat kepuasan nasabah Bank Sampah Bina Mandiri. Penelitian empiris ini mengambil seluruh populasi yang berjumlah 60 orang, dengan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Sementara teknik analisa data yang digunakan adalah analisa regresi linier berganda. Hasil-hasil secara umum menunjukkan hubungan yang kuat antara, produk, harga, distribusi dan promosi terhadap kepuasan nasabah. Secara parsial (individu) variabel independen yaitu distribusi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah. Sementara variabel produk, harga dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dan semua variabel independen yaitu variabel produk, harga, distribusi, dan promosi secara simultan atau bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah.
Downloads
Copyright (c) 2022 Badar Joang Harista Rosyidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.