PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK PADA PUSAT GROSIR BATIK TRUSMI CIREBON

  • Azizah Indriyani

Abstract

Keputusan Pembelian merupakan suatu sikap pengetahuan untuk mengevaluasi
dua atau lebih perilaku alternative, dan memilih salah satu diantaranya.
Keputusan pembelian tidak selamanya baik, terkadang keputusan pembelian
konsumen bisa menurun. Rendahnya keputusan pembelian bisa disebabkan oleh
berbagai faktor, salah satunya adalah faktor karakteristik individu dan faktor
psikologis. Tujuan dari ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Karakteristik
Individu Dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Batik Pada
Pusat Grosir Batik Trusmi Cirebon. ini merupakan assosiatif, dimana terdapat
hubungan antara dua variabel atau lebih yang saling mempengaruhi satu
dengan yang lainnya. Variabel dalam ini adalah karakteristik indiviidu, faktor
psikologis sebagai variabel bebas, dan keputusan pembelian sebagai variabel
terikat. Metode pengumpulan data dalam pelaksanaan adalah dengan
menggunakan alat bantu kuesioner yang dibagikan kepada konsumen. Dari data
yang didapat akan dianalisis menggunakan metode skala likert. Hasil ini
menunjukan bahwa pengaruh karakteristik individu terhadap keputusan
pembelian sebesar 74,6% atau tinggi, pengaruh faktor psikologis terhadap
keputusan pembelian sebesar 65,4% atau tinggi, dan pengaruh karakteristik
individu dan factor psikologis terhadap keputusan pembelian sebesar 77% atau
tinggi.
Kata Kunci: Karakteristik Individu, Faktor Psikologis , Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-20