PERBEDAAN METODE TWO STAY TWO STRAY DENGAN METODE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN BENCONGAN III KABUPATEN TANGERANG
Abstract
Perbedaan Metode Two Stay Two Stray dengan Metode Bamboo Dancing terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SDN Bencongan III Kabupaten Tangerang. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diberi metode pembelajaran Two Stay Two Stray dengan siswa yang diberi metode pembelajaran Bamboo Dancing pada siswa kelas IV SDN Bencongan III Kabupaten Tangerang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan rata-rata postes kelas eksperimen 1 yaitu 69,5 dan kelas eksperimen 2 yaitu 76,5. (2) Pengujian Statistik dengan menggunakan Uji T pada taraf signitaf 0,5 diperoleh thitung 3,020 > ttabel 2,010. Artinya tolak hipotesis H0. Dengan demikian terdapat perbedaan metode Two Stay Two Stray dengan Metode Bamboo Dancing terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Bencongan III Kabupaten Tangerang.
Kata Kunci: Two Stay Two Stray , Bamboo Dancing, Hasil Belajar, Nonequivalent Control Group Design , Random Sampling