Pengembangan dan Validasi Alat Ukur Personal Brand Orientation
Abstract
Personal brand orientation (PBO) merupakan strategi usaha yang penting, terutama pada konteks social commerce, dimana semakin banyak usaha didirikan oleh pemilik yang merupakan influencer di social media untuk mencapai hasil yang maksimal dalam usahanya. Namun belum banyak penelitian dilakukan untuk operasionalisasi pengukuran PBO, khususnya pada usaha kecil menengah yang fokus pada social commerce. Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat ukur PBO dan validasinya, lewat studi literatur terdahulu ditemukan dua dimensi utama yaitu functioning capabilities dan symbolic capabilities, yang diujikan dua tahap lewat uji validitas isi dan uji validitas konstruk dengan confirmatory factor analysis pada 307 sampel yang diambil pada September 2021 di Indonesia, melalui kuesioner online secara purposive sampling. Alat ukur PBO akhir dihasilkan penelitian ini adalah 7 items pernyataan dalam 2 dimensi yang digunakan untuk merefleksikan pengukuran secara valid dan reliabel
Downloads
Copyright (c) 2022 Eddy Yansen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.