Pengembangan dan Validasi Alat Ukur Personal Brand Orientation

  • Eddy Yansen Universitas Pelita Harapan (UPH) Banten, Indonesia
Keywords: orientasi merek pribadi, pengembangan skala, validasi konten, kemampuan berfungsi, kemampuan simbolis

Abstract

Personal brand orientation (PBO) merupakan strategi usaha yang penting, terutama pada konteks social commerce, dimana semakin banyak usaha didirikan oleh pemilik yang merupakan influencer di social media untuk mencapai hasil yang maksimal dalam usahanya. Namun belum banyak penelitian dilakukan untuk operasionalisasi pengukuran PBO, khususnya pada usaha kecil menengah yang fokus pada social commerce. Penelitian ini bertujuan mengembangkan alat ukur PBO dan validasinya, lewat studi literatur terdahulu ditemukan dua dimensi utama yaitu functioning capabilities dan symbolic capabilities, yang diujikan dua tahap lewat uji validitas isi dan uji validitas konstruk dengan confirmatory factor analysis pada 307 sampel yang diambil pada September 2021 di Indonesia, melalui kuesioner online secara purposive sampling. Alat ukur PBO akhir dihasilkan penelitian ini adalah 7 items pernyataan dalam 2 dimensi yang digunakan untuk merefleksikan pengukuran secara valid dan reliabel

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-19