PENTERJEMAHAN KITAB KUNING DI PESANTREN (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN AL-ANWAR KUNINGAN)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti terhadap metode pembelajaran
yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Al-Anwar Kuningan, yang tampaknya
lebih menonjolkan metode penerjemahan. Padahal terdapat banyak metode
pembelajaran yang dapat mendukung pembelajaran sehingga dapat berlangsung
dengan efektif sehingga mencapai tujuan pembelajaran dengan maksimal. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran yang dilaksanakan di
Pondok Pesantren Al-Anwar Kuningan. Metode penelitian disini menggunakan
metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis, teknik & data
instrument penelitian dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran tarjamah
menggunakan metode penterjemahan, 1. Model penerjemahan kitab kuning
merupakan desain pembelajaran yang dilaksanakan dalam dalam pembelajaran
kurikulum ma’hady Pondok Pesantren Al-Anwar dengan beberapa bentuk
terjemahan yang digunakan, yaitu bentuk terjemah harfiyah, maknawiyah, dan
tafsiriyah, 2. Efektivitas model penerjemahan yang berlangsung dapat dilihat dari
respon santri yang antusias dalam pembelajaran menggunakan model terjemah,
terutama dengan menggunakan terjemah harfiyah. Antusiasme santri dapat dilihat
melalui kesungguhan santri dalam mengikuti pembelajaran dengan beberapa
pembelajaran dengan model penerjemahan yang digunakan masing-masing ustadz
dan ustadzah. Dengan antusiasme tersebut, proses pembelajaran berlangsung
dengan efektif.
Kata Sandi : Penterjemahan, Kitab Kuning.