Analisis Segmentasi Pasar Produk Kopi Celup di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan Bantul

  • Arief Fathoni Argadian Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Keywords: klister, K-Means, kopi celup, rencana pemasaran

Abstract

Kopi celup memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan. Namun, saat ini kopi celup masih belum memiliki daya tarik, karena hanya menempati posisi ke enam produk unggulan kopi olahan. Maka dari itu, pasar kopi celup perlu dikembangkan dengan melakukan penelitian mengenai perencanaan pemasaran yang dimulai dengan segmentasi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menentukan segmen pasar kopi celup di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan Bantul. Penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi segmen pasar kopi celup dengan metode K-Means dan deskriptif. Selanjutnya konsumen kopi celup dibagi menjadi tiga segmen. Kemudian ketiga segmen tersebut dianalisis untuk menentukan segmen pasar kopi celup unggulan berdasarkan demografi dan psikografis. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa terdapat tiga segmen pasar kopi celup yaitu segmen konsumen pengikut keluarga, konsumen pengikut tren dan konsumen yang sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Kesimpulan yang diperoleh adalah segmen yang sibuk dengan aktivitas sehari-hari merupakan segmen unggulan karena memiliki anggota yang lebih banyak dibandingkan segmen lainnya. Selain itu, segmen ini juga lebih sering mengkonsumsi dan membeli kopi celup.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-02