Strategi Promosi Pelayanan Medical Check-Up Covid-19 RS Grha Permata Ibu

  • Endah Lestari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia
Keywords: promosi, medical check-up, covid-19, strategi, digital marketing

Abstract

Pandemi coronavirus disease (Covid-19) dimulai sejak 2019, di Indonesia kasusnya mulai ditemukan pada maret 2020 dan terus meningkat dan meningkatkan kebutuhan masyarakat akan pemeriksaan Kesehatan yang berhubungan dengan Covid-19 serta surat keterangan pemeriksaan covid-19 maka Rumah Sakit Grha Permata Ibu mengembangkan pelayanan MCU Covid-19. RS GPI harus melakukan perubahan strategi promosi untuk meningkatkan angka kunjungan unit medical check-up Covid-19. Adanya perubahan tatanan kehidupan baru dan perkembangan teknlogi mendorong perubahan dalam strategi promosi kearah digital marketing sehingga perlu adanya penyesuaian dalam strategi promosi rumah sakit.  Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan gambaran mendalam mengenai strategi promosi pelayanan Medical Check-up Covid-19 di RS GPI. Design penelitian mengunakan studi kasus dengan metode kualitatif, data diperoleh dari wawancara mendalam kepada informan. Hasil penelitian, RS GPI mengunakan empat strategi promosi yaitu Advertising (digital marketing), Sales Promotion, Personal Selling dan Publisitas. Strategi ini dinilai cukup baik dalam meningkatkan kunjungan unit medical check-up Covid-19 RS GPI, tetapi perlu dilakukan monitoring dan maintenance untuk meningkatkan cakupan konsumen yang lebih luas, mempertimbangkan bekerjasama dengan influencer untuk meningkatkan strategi publisitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-02