Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Materi Bangun Ruang Sederhana Kelas V Sekolah Dasar

  • Asri Rahmawati Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Indonesia
  • Ima Mulyawati Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Indonesia
Keywords: articulate storyline, media pembelajaran, R & D

Abstract

Penelitian pendidikan belakangan ini cenderung untuk mencari solusi dari pembelajaran jarak jauh tanpa harus bertemu dengan peserta didik. Salah satunya dengan mengembangkan platform media pembelajaran berbasis articulate storyline.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi bangun ruang sederhana yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode R & D dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan validitas angket terhadap ahli media memperoleh persentase 92%, ahli materi 86%, dan ahli bahasa 94% dengan kriteria sangat valid. Penilaian terhadap respon guru diperoleh hasil sebesar 86%, serta uji coba terbatas terhadap respon peserta didik yang berjumlah 6 orang peserta didik kelas V Sekolah Dasar Cilangkap 1 Jakarta Timur mendapatkan persentase 85% dengan kriteria sangat praktis. Media pembelajaran articulate storyline dapat diterima oleh peserta didik dan guru sebagai media pembelajaran yang dibutuhkan sebagai solusi dari permasalahan pembelajaran jarak jauh yang disebabkan oleh pandemic COVID-19.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-04