Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Dalam Mengadopsi Layanan Fintech
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi cukup pesat menuntut masyarakat untuk menggunakan dan memanfaatkan teknologi-teknologi yang ada dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah dengan penggunaan internet. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris terkait faktor-faktor yang mempengaruhi minat seseorang dalam mengadopsi layanan fintech. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 sampel. Sampel diperoleh melalui penyebaran kuisioner penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode kuantitatif dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat yang dirasakan, citra merek, dukungan pemerintah berpengaruh terhadap sikap. Selanjutnya, citra merek, dukungan pemerintah dan dan inovasi pengguna berpengaruh terhadap kepercayaan. Di samping itu, kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap manfaat yang dirasakan dan sikap berpengaruh terhadap minat. Sedangkan kemudahan penggunaan, kepercayaan dan risiko yang dirasakan tidak berpengaruh terhadap sikap dan risiko yang dirasakan tidak berpengaruh terhadap kepercayaan. Implikasi dari penelitian ini yaitu sebagai perusahaan juga perlu mempertimbangkan pengaruh adopsi layanan fintech dari sisi permintaan dan hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan terkait layanan fintech.
Downloads
Copyright (c) 2022 Yulia Eka Riyanti, Apriliani Adeayu Kurniawati, Emil Fawwaz, Herwikson Sitorus, Farah Margaretha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.