Penerapan Group Cognitive Behavior Therapy (CBT) Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik pada Siswi SMP yang Menjalani Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)
Abstract
Pandemi COVID-19 menyebabkan terjadinya penyesuaian sistem pendidikan di Indonesia, yakni sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Metode PJJ sangat berhubungan dengan perilaku menunda tugas akademik (prokrastinasi akademik), karena sangat membutuhkan motivasi intrinsik dan inisiatif belajar pada siswa. Pada umumnya, remaja perempuan cenderung lebih rendah melakukan prokrastinasi akademik. Akan tetapi, hal ini berbeda karena kondisi PJJ ini. Siswa yang melakukan prokrastinasi akademik secara terus menerus akan mengalami kegagalan dalam mata pelajaran, rendahnya self-esteem, menimbulkan putus asa, dan mengembangkan masalah fisik maupun psikologis. Salah satu penanganan yang dapat menurunkan perilaku prokrastinasi akademik adalah intervensi Cognitive Behavior Therapy (CBT). Program intervensi dirancang secara daring dan berkelompok. Partisipan intervensi adalah 5 siswi SMP yang berusia 14-15 tahun. Hasil intervensi adalah terdapat penurunan tingkat prokrastinasi akademik pada partisipan. Partisipan juga merasakan perubahan yang lebih positif.
Downloads
Copyright (c) 2022 Natasya Yustilira Lubis, Efriyani Djuwita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.