Konsep Jiwa Menurut Al-Ghazali dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam

  • Muhammad Nuruttamam Al-Amin Program Pascasarjana Universitas Hasyim Asy’ari, Tebuireng Jombang, Jombang, Indonesia
  • Ahmad Zahro Program Pascasarjana Universitas Hasyim Asy’ari, Tebuireng Jombang, Jombang, Indonesia
Keywords: Al-Ghazali, Konsep Jiwa, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini  al-Ghazali adalah  teori jiwa yang juga masuk dalam wilayah bahasan tasawuf.Ada tiga permasalahan/fokus dalam penelitian ini, yaitu 1) Mendapatkan pemahaman pendapat al-Ghazali tentang jiwa 2) Mendapatkan pemahaman indikasi konsep ilmu pengetahuan dan pendidikan Islam terhadap konsep jiwa al-Ghazali 3) Untuk memahami relevansi konsep jiwa prespektif Al-Ghazali pada pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian karya-karya al-Ghazali, khususnya Ihya’ Ulumiddin, Tahafatul Falasifah, Al-Munqidz Min Ad-Adhalal,  Bidayatul Hidayah dan  karya-karya lainnya yang menjelaskan pemikiran al-Ghazali seperti  al-Ghazali baina naqidihi madihihi dll. Berdasarkan hasil penelitian di atas, konsep ilmu pengetahuan dan pendidikan Islam al-Ghazali yang berhubungan dengan konsep jiwa al-Ghazali akan ideal jika  dimplementasikan  dalam suatu program pendidikan secara integral. Konsep tersebut akan menghasilkan keseimbangan antara pendidikan kejiwaan (spiritualitas dan moralitas) dan intelektualitas, karena  pada dasarnya konsep-konsep al-Ghazali selalu relevan digunakan karena bertalian dalam esinsialnya di dunia pendidikan terutama pendidikan Islam

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-15