Konsep Jiwa Menurut Al-Ghazali dan Relevansinya dalam Pendidikan Islam
Abstract
Penelitian ini al-Ghazali adalah teori jiwa yang juga masuk dalam wilayah bahasan tasawuf.Ada tiga permasalahan/fokus dalam penelitian ini, yaitu 1) Mendapatkan pemahaman pendapat al-Ghazali tentang jiwa 2) Mendapatkan pemahaman indikasi konsep ilmu pengetahuan dan pendidikan Islam terhadap konsep jiwa al-Ghazali 3) Untuk memahami relevansi konsep jiwa prespektif Al-Ghazali pada pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian karya-karya al-Ghazali, khususnya Ihya’ Ulumiddin, Tahafatul Falasifah, Al-Munqidz Min Ad-Adhalal, Bidayatul Hidayah dan karya-karya lainnya yang menjelaskan pemikiran al-Ghazali seperti al-Ghazali baina naqidihi madihihi dll. Berdasarkan hasil penelitian di atas, konsep ilmu pengetahuan dan pendidikan Islam al-Ghazali yang berhubungan dengan konsep jiwa al-Ghazali akan ideal jika dimplementasikan dalam suatu program pendidikan secara integral. Konsep tersebut akan menghasilkan keseimbangan antara pendidikan kejiwaan (spiritualitas dan moralitas) dan intelektualitas, karena pada dasarnya konsep-konsep al-Ghazali selalu relevan digunakan karena bertalian dalam esinsialnya di dunia pendidikan terutama pendidikan Islam
Downloads
Copyright (c) 2022 Muhammad Nuruttamam Al-Amin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.