Menanamkan Karakter Bisnis Sebelum Meningkatkan Pelatihan Untuk Produktivitas Ekonomi
Abstract
Masyarakat selalu melakukan aktivitas ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Menjaga keamanan dalam memenuhi biaya hidup tergantung pada pertumbuhan
produktivitas. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan seperti salah satunya dari
pelatihan, pengembangan dan motivasi. Untuk meningkatkan produktivitas pada
usia dewasa pelaksanaanya lebih dikonsentrasikan pada pelatihan strategi dan
aplikasi tekhnologi. Sedangkan pelatihan karakter bisnis tidak di implementasikan
karena keterbatasan waktu. Detail (rincian) karakteriistik bisnis hanya diberikan
dari bagian materi yang diskusikan sebagai pengingat, agar tidak lupa pada
prakteknya di dunia usaha dan kerja. Pelatihan karakter bisnis membutuhkan
waktu lama yang beradaptasi pada tumbuh kembangnya sebuah ide dan pola pikir
yang seiring sejalan dengan masa pertumbuhan usia dini hingga dewasa, dan usia
dimana berada pada perjalanan waktu kerja dan usaha. Karakter bisnis di
upgrading melalui pencarian bakat dan minat serta konselling. Diperlukan
pengembangan materi pengkayaan karakter bisnis yang memerlukan dukungan dan
peran pemerintah untuk mewajibkan dan memudahkan penyelenggaraan materi
dan praktek yang berkaitan dengan usaha membangun karakter bisnis melalui
pelatihan yang diterapkan mulai pada usia dini hingga pada usia produktif, yang
menyempurnakan materi entrepreneurship ditingkat pendidikan dasar, hingga
sampai pada tingkat pendidikan tinggi dan tingkat karir yang ditekuni oleh setiap
individu. Dengan demikian pemerintah akan mudah melakukan program
pemberdayaan manusia untuk berwirausaha sebagai salah satu upaya dalam
pembangunan sumber daya manusia karena bagaimanapun bidang pekerjaan
dengan bidang usaha adalah dunia yang membutuhkan produktivitas potensi yang
dimiliki manusia yang dipengaruhi oleh pertama dan utama adalah karakter bisnis
dan yang kedua adalah kemampuan kerja dan usaha yang didukung oleh bidang
keilmuan dan pengalaman.
Kata kunci: Produktivitas, Training, Motivasi, Karakter Bisnis