Manajement Marketing Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Manajement marketing pendidikan merupakan faktor yang utama dalam lembaga pendidikan, karena pendidikan tidak bisa berlangsung jika tidak ada peserta didik. Untuk meningkatkan kuantitas siswa dalam perekrutan siswa baru dengan persaingan dan kondisi perubahan sistem pendidikan dimasa pandemi ini, maka lembaga pendidikan harus memberikan layanan jasa pendidikan yang terbaik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana manajemen marketing pendidikan yang sesuai dengan situasi pandemi ini yang mana pemerintah memberlakukan pembelajaran jarak jauh. Adapun metode yang dilakukan yaitu dengan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung terhadap manajemen marketing pendidikan dimasa pandemi oleh kepala sekolah, kepala bidang humas, kepala bidang kesiswaan dan tim marketing atau panitia penerimaan peserta didik baru di SD Islam Plus Kroya. Dan analisis datanya dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berbagai upaya yang dilakukan SD Islam Plus Kroya dalam manajemen marketing pendidikan dimasa pandemi adalah dengan melaksanakan marketing pendidikan berbasis teknologi dan informasi dengan menggunakan prinsip pemasaran untuk menjaring orang tua peserta didik agar mau menyekolahkan putra-putrinya kelembaga tersebut. Berdasarkan hasil dari penelitian menjelaskan bahwa penerapan manajemen marketing dimasa pandemi dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi adalah cara yang tepat untuk mempermudah dan mempercepat penyebaran informasi kepada target pasar yaitu masyarakat dan peserta didik.
Downloads
Copyright (c) 2022 Munfaatin Munfaatin, Abdul Wachid BS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.