Evaluasi Program Pelatihan Kepemimpinan Pengawas di Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program terhadap pelaksanaan pelatihan kepemimpinan pengawas (PKP) yang dilaksanakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional dengan menggunakan model five level ROI framework oleh Jack Phillips yang terdiri dari lima tahapan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan menggunakan pendekatan deskriprif kualitatif. Penelitian yang dilakukan fokus pada tahapan evaluasi level reaksi (reaction) dan proses pembelajaran (learning) yang dianalisis dari saat pelaksanaan pelatihan. Pelatihan diikuti oleh 37 peserta yang terdiri dari 21 peserta angkatan VI dan 16 peserta angkatan VII. Evaluasi pada level reaksi menunjukkan bahwa hasil evaluasi peserta terhadap penyelenggara menunjukkan nilai rata-rata layanan terhadap peserta adalah sebesar 74.9 termasuk dalam kategori cukup baik pada angkatan VI sedangkan pada angkatan VII sebesar 81.3 termasuk dalam kategori baik berdasarkan skala penilaian 0 – 100 (0 – 60.00 = buruk, 60.01 – 70.00 = kurang baik, 70.01 – 80.00 = cukup baik, 80.01 – 90.00 = baik, 90.01 - 100 = sangat baik). Hasil evaluasi peserta terhadap fasilitator menunjukkan indeks kepuasan 84.12 dan 86.56 pada angkatan VI dan VII. Evaluasi pada level proses pembelajaran dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan pengetahuan dari peserta PKP yang ditunjukkan dengan tingginya kenaikan rata-rata nilai pre-test dan post-test pada 13 mata pelatihan sesuai dengan kurikulum PKP.
Downloads
Copyright (c) 2022 Roma Mantin, Sholeh Hidayat, Nurul Anriani, Sudi Aryanto, Siti Aminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.