Analisis Efektivitas Iklan Digital terhadap Minat Pembelian Tiket Masuk pada Kalangan Generasi Y dan Z Di Desa Penglipuran Bangli, Bali

  • Ramang H Demolingo Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nasional, Jakarta Indonesia
  • Rafitra Amira Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nasional, Jakarta Indonesia
  • Kumba Digdowiseiso Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nasional, Jakarta Indonesia
Keywords: iklan digital, minat pembelian, desa, penglipuran bangli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Efektivitas Iklan Digital Terhadap Minat Pembelian Tiket Masuk pada kalangan Generasi Y dan Z, di Desa Penglipuran Bangli, Bali. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif,alat pengumpulan data menggunakan metode survei dengan instrument penyebaran kuesioner,sampel yang dihitung dengan rumus slovin kepada 100 wisatawan yang berkunjung ke Desa wisata penglipuran.Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan skala likert dan di analisis menggunakan bantuan SPSS.Teknik pengujian penelitian ini meliputi uji validitas hasil yang memiliki nilai pada rentang 0,572–0,798 untuk variabel x dan 0,704–0,924 untuk variabel y.Uji reabilitas memiliki nilai cronbach’s alpha untuk variabel x adalah sebesar 0,810 dan variabel y adalah sebesar 0,912. Penelitian ini menyimpulkan Iklan digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian dan Iklan digital memiliki pengaruh signifikan dan dapat menarik minat Generasi Y dan Z dalam minat pembelian. Dengan demikian, promosi yang paling efektiv dalam menarik minat pembelian tiket masuk ke desa wisata Penglipuran Bangli, Bali adalah melalui iklan digital instagram, youtube, dan online advertising.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-24