Penerapan Sistem E-Commerce untuk Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah di Pusat Djajanan IBR Cianjur

  • Siti Mariam Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI, Indonesia
Keywords: E-commerce, UMKM, teknologi informasi.

Abstract

Teknologi informasi pada saat ini berkembang sangat cepat, adanya sebuah teknoogi informasi dapat mempermudah segala aspek, salah satunya yaitu pada kelompok usaha mikro kecil dan menegah atau biasa disebut dengan UMKM. UMKM adalah suatu usaha yang didirikan oleh masyarakat baik perorangan ataupun sebuah badan usaha, adanya UMKM ini memiliki pengaruh besar terhadap pengembangan ekonomi ataupun penciptaan sebuah lapangan pekerjaan. Perkembangan sebuah UMKM tidak terpengaruh dari adanya sebuah teknologi informasi sepert e-commerce. adanya e-commerce mempermudah aspek penjualan serta meningkatkan efektivitas pemasaran karena e-commerce ini dapat dijadikan sebagai media pemsaran produk hasil UMKM. Penerapan aplikasi ini dibangun dengan menggunakan model pengembangan perangkat lunak yaitu waterfall, tahapan dari model tersebut terdiri dari Requirements Definition, System and Software Design, Implementation and Unit Testing, Integration and System testing, dan Operation and Maintenance,  selanjutnya tahapan yang dilakukan dalam pembuatan sistem dengan melakukan analisis sistem yang sedang berjalan, analisis kebutuhan fungsional, analisis kebutuhan non fungsional, serta perancangan, Sistem ini dibangun dengan menggunakan aplikasi berbasis website, perancangan pada sistem ini menggunakan Unified Modelling Language(UML). Sistem ini bertujuan untuk mempermudah proses penjualan, memperluas ruang lingkup pemasaran serta untuk meningkatkan efetivitas pemasaran.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-29