Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Geogebra Untuk Meningkatkan Motivasi dan Penalaran Spasial Siswa Sekolah Menengah Pertama

  • Yesaya Umeng FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Indonesia
  • Ahmad Yani T FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, Indonesia
Keywords: pembelajaran geogebra; objek geometri; motivasi dan penalaran spasial

Abstract

Pembelajaran GeoGebra adalah pembelajaran yang menggunakan program Geogebra untuk mempelajari matematika khususnya geometri, aljabar dan kalkulus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan penalaran spasial siswa kelas VII SMPN 3 Belitang Hilir dengan menggunakan program Geogebra dalam pembelajaran geometri spasial. Penalaran spasial dalam penelitian ini terdiri dari 7 aspek yang dipelajari, yaitu (1) “Mampu†membayangkan “posisi†suatu “benda†geometri†setelah “benda†geometri “mengalami rotasi, refleksi, atau dilatasi (Transformasi Objek); (2) Mampu membandingkan hubungan logis unsur-unsur suatu struktur ruang (Elements of Build); (3) Mampu memprediksi secara akurat bentuk suatu objek dilihat dari sudut pandang “tertentu†(Point of View); †(4) Mampu menentukan objek yang sesuai pada posisi tertentu dari rangkaian objek geometris (Object Position); (5) Mampu menyusun model yang berkaitan dengan suatu objek geometri spasial (Model Konstruksi); (6) Mampu merepresentasikan model geometri yang digambarkan pada bidang datar (Model Representation); (7) Mampu “menemukan†objek sederhana yang disematkan pada gambar yang lebih kompleks (Find Objects). “Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest. “Rata-rata nilai pretest 19,9 dari nilai ideal 54†dan standar deviasi 11,93 dengan nilai minimal 9 dan nilai maksimal 48. Dari “belajar sebelum†menggunakan “alat peraga†dan “setelah menggunakan alat peraga, terlihat adanya peningkatan yang signifikan siswa yang “mampu†dalam “penalaran†spasial dari 12% menjadi 52% atau meningkat sebesar 40%.Sedangkan dari pembelajaran sebelum menggunakan alat peraga dan setelah menggunakan alat peraga dapat terlihat adanya peningkatan motivasi siswa yang signifikan yaitu dari 10 orang atau 35% menjadi 78% atau meningkat sebesar 43% Rata-rata nilai posttest siswa adalah 46,5 dari nilai ideal 54 dan standar deviasi 13,97 dengan skor minimal 18 dan skor maksimal 54. Pembelajaran dengan menggunakan media GeoGebra siswa dapat dengan mudah menggambar bentuk geometris melalui antar muka pada program GeoGebra (tampilan aljabar), tampilan geometri dan tampilan input.Pada tampilan input siswa berada mampu menyusun kalimat matematika untuk menggambar geometrik sh kera, sehingga dengan menggunakan media GeoGebra dapat meningkatkan motivasi dan penalaran spasial siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-04