Pengembangan Video Tutorial Menjahit Mata Kuliah Teknologi Busana terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Tata Busana

  • Kusminarko Warno Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Keywords: teknologi busana; media pembelajaran; video tutorial

Abstract

Video tutorial menjahit pada mata kuliah teknologi busana ini sebagai media pembelajaran yang membantu proses pembelajaran selama pandemi COVID-19 dimana pembelajaran pada masa ini dituntut untuk dapat belajar secara mandiri dengan sistem daring dengan mengakses berbagai platform salah satunya yaitu YouTube yang di sematkan pada sistem pembelajaran online. Pada era saat ini, perkembangan media pembelajaran sangatlah pesat sehingga penggunaan teknologi informasi merupakan sebuah tuntutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video tutorial menjahit yang efisien terhadap hasil belajar mahasiswa tata busana apakah baik atau tidak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research & development) yaitu dengan mengembangkan video tutorial yang dikembangkan dengan tiga tahapan yaitu 1) analisa kebutuhan; 2) pengembangan produk dan 3) uji coba produk. Tahapan ini meliputi pra produksi, produksi dan pasca produksi. Hasil belajar mahasiswa tata busana dapat dilihat berdasarkan nilai akademis pada mata kuliah teknologi busana di program studi tata busana Universitas Negeri Yogyakarta. Adapun hasil penelitian ini berupa produk video tutorial menjahit mata kuliah teknologi busana dengan kategori layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat dilihat dari sisi pembelajaran, isi, dan tampilan video (pemrograman). Kelayakan media termasuk dalam kategori sangat layak dengan dilakukan ujicoba kelompok besar dengan nilai rata-rata 85% di semua aspek, selain itu hasil belajar mahasiswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata di atas 82 sehingga pengembangan video tutorial ini berpengaruh terhadap pembelajaran teknologi busana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-06