Media Video Animasi Idiom Bahasa Mandarin terhadap Minat Belajar dan Pendidikan Karakter pada Mahasiswa Sastra Cina Universitas Brawijaya Semester 7

  • Nabilah Riyadiani Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya, Indonesia
Keywords: minat belajar; pendidikan karakter; peribahasa cina; pembelajaran bahasa mandarin

Abstract

Pembelajaran peribahasa Cina dari pandangan pelajar bahasa mandarin dianggap sebagai suatu materi yang sulit dan membosankan. Hal ini berdampak pada kurangnya minat dan pemahaman pelajar terhadap materi yang disampaikan. Oleh karena itu, penggunaan teknologi media pembelajaran di kelas diharapkan dapat mengatasi permasalahan ini, salah satunya dengan penggunaan media video animasi. Penelitian ini berfokus untuk memahami perbandingan minat dan pemahaman pendidikan karakter sebelum dan sesudah penggunaan media video animasi oleh 10 orang mahasiswa semester 7 jurusan Sastra Cina Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif sederhana dan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner online yang memuat 28 buah pertanyaan dalam 3 bentuk variabel terkait teori indikator minat belajar oleh Slameto (1988) dan nilai pendidikan karakter oleh Gunawan (2012), serta beberapa pertanyaan bebas terkait efektifitas dan minat belajar tanpa media video animasi. Respon mahasiswa menunjukkan rasa kurang minat belajar tanpa video animasi, terlebih hanya menggunakan metode audio, namun hal ini tidak disebabkan oleh kesulitan materi. Respon lainnya yaitu mahasiswa merasa bahwa penggunaan media video animasi dapat meningkatkan pemahaman dan peningkatan rasa suka belajar peribahasa Cina. Respon terhadap pendidikan karakter menunjukkan bahwa video animasi dapat meningkatkan pemahaman terhadap pendidikan karakter mandiri, bertanggung jawab, dan rasa ingin tahu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-07