The Influence of Lifestyle and Social Media Communication, On The Need For Media Convergence and Impact On The Interests of Metro TV Viewers

  • Vivi Fadjarwaty Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Keywords: gaya hidup, komunikasi media sosial, kebutuhan konvergensi media, niat konsumen

Abstract

Fenomena dalam penelitian ini adalah kesenjangan saat ini antara konsumsi media baru, yaitu kebutuhan dari konsumen untuk menyediakan berbagai media untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin luas, dimana dengan kemajuan teknologi, konsumen membutuhkan media yang semakin bervariasi. Hal ini menjadi peluang bagi media konvensional untuk dapat mempertahankan posisinya di mata konsumen, yaitu dengan mengintegrasikan layanan medianya dalam konvergensi media yang tepat sehingga bisnis media akan berkembang menuju bisnis media yang lebih luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efek gaya hidup dan komunikasi media sosial pada kebutuhan konvergensi media dan minat konsumen dalam mengkonsumsi layanan Metro TV. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen atau pemirsa Metro TV. Sampel yang diambil dengan purposive sampling, yaitu pemirsa Metro TV yang mengkonsumsi berita di Metro TV setiap hari, menggunakan gadget untuk melihat berita di ponsel dan bekerja dari rumah sebanyak 164 orang. Metode analisis data menggunakan pemodelan persamaan struktural. Berdasarkan hasil penelitian, gaya hidup dan komunikasi media sosial memiliki efek positif pada kebutuhan konvergensi media. Gaya hidup dan komunikasi media sosial tidak berpengaruh pada minat menggunakan layanan Metro TV, sementara kebutuhan konvergensi media memiliki efek positif pada minat menggunakan layanan Metro TV. Untuk meningkatkan minat pemirsa Metro TV untuk mendapatkan informasi tertentu, Metro TV perlu memperkuat kebutuhan konvergensi medianya seperti berita, hiburan, olahraga, berita pendidikan. Peningkatan kebutuhan konvergensi media ini dapat dilakukan dengan menyesuaikan gaya hidup audiens dengan mengintegrasikan layanan penyediaan informasi yang dimiliki oleh perusahaan ke dalam berbagai platform media yang dapat dinikmati oleh berbagai segmen konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-12