Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar sebagai Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Usaha
Abstract
Pertumbuhan ekonomi berkelanjutan memiliki daya saing tinggi dapat diwujudkan dan dipelopori oleh kewirausahaan. Kedekatan dengan pasar dan pemenuhan kebutuhan dengan pelanggan akan memberikan nilai tambah. Sejak beroperasinya jalan tol Semarang Batang berdampak pada penurunan jumlah pelanggan restoran dan rumah makan yang melewati jalur pantura di Kabupaten Kendal. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar dari pelaku usaha terhadap keunggulan bersaing untuk tetap bertahan dimasa sekarang. Pada penelitian ini jumlah populasi untuk rumah makan dan restoran yang tergabung dalam PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) di Kabupaten Kendal adalah sebanyak 73 unit usaha, survey dilakukan terhadap Supervisor, Manager restoran atau pemilik usaha pada bulan November – Desember 2020. Data yang diperoleh diolah menggunakan SEM dengan aplikasi PLS.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Keunggulan bersaing memilik pengaruh terhadap kinerja bisnis. Akan tetapi orientasi kewirausahaan dan orientasi pasar tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja bisnis.
Downloads
Copyright (c) 2022 Rita Madiastuty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.